Laman

COPA SUDAMERICANA



Setelah kita membahas kejuaraan Piala Libertadores pada postingan sebelumnya, sekarang kita memposting kejuraan lain dan masih tetap di Amerika Selatan yaitu Copa Sudamericana.

Copa Nissan Sudamericana de Clubes, yang lebih dikenal dengan secara singkat sebagai Copa Sudamericana, adalah sebuah kompetisi sepak bola antarklub Amerika Selatan yang digulirkan oleh CONMEBOL sejak tahun 2002. Kompetisi ini adalah kompetisi sepak bola antarklub paling prestisius yang kedua di Amerika Selatan setelah Piala Libertadores. Meskipun diselenggarakan oleh CONMEBOL, klub-klub dari wilayah CONCACAF diundang ikut serta berkompetisi pada tahun 2004 hingga 2008.
Kompetisi ini mulai bergulir tahun 2002 setelah pemberhentian kompetisi Copa Merconorte dan Copa Mercosur. Sejak awal, kompetisi ini menggunakan sistem gugur dengan jumlah laga dan klub yang berbeda setiap tahunnya. Pada April 2010, 39 klub mengikuti Copa Sudamericana, Turnamen ini telah dimenangkan oleh 7 klub berbeda dari 8 kali penyelenggaraannya. Copa Sudamericana dianggap sebagai penyatuan dari kompetisi yang sudah tidak diselenggarakan lagi seperti Copa CONMEBOL, Copa Merconorte, dan Copa Mercosur. Pemenang Copa Sudamericana akan bertanding dengan pemenang Piala Libertadores pada tahun berikutnya pada Recopa Sudamericana.
Juara saat ini adalah Universidad de Chile (2011), sedangkan Boca Juniors yang juga klub Argentina adalah klub tersukses di kompetisi ini dengan prestasi juara dua kali. Boca Juniors juga satu-satunya klub yang berhasil mempertahankan gelar juaranya.

Untuk babak KUALIFIKASI, CONMEBOL menentukan jumlah wakil setiap asosiasi nasional yang dapat berkompetisi pada turnamen ini dan asosiasi nasional dapat mengatur sendiri bagaimana menentukan wakil yang bertanding di Copa Sudamericana. Turnamen ini menggunakan sistem gugur dua putaran. Juara bertahan akan mendapat bye dan akan mulai berkompetisi pada babak 16 besar. Juara Copa Sudamericana mendapatkan tempat pada Piala Libertadores tahun berikutnya.
Pada tahun 2010, juara bertahan, 8 wakil dari Brasil, 6 wakil dari Argentina, dan 3 wakil masing-masing dari Bolivia, Chili, Kolombia, Ekuador, Paraguay, Peru, Uruguay, dan Venezuela bertanding di turnamen ini.

Untuk penyelenggaraan turnamen dimulai dengan 16 klub bertanding di babak pertama. 8 klub yang menang bergabung dengan 22 klub lainnya pada babak kedua. Pemenang pada babak kedua bersama dengan juara bertahan kemudian bertanding pada babak 16 besar hingga babak final.
Pada setiap babaknya, keadaan seri atau imbang ditentukan melalui poin, kemudian selisih gol, gol tandang, lalu adu pinalti jika diperlukan. Pada babak final, peraturan gol tandang digantikan dengan perpanjangan waktu dua kali 15 menit.


Demikian postingan tentang Copa Sudamericana, semoga bermanfaat buat pembaca, terima kasih telah berkunjung ke blog awut2an ini....


Responses

1 Respones to "COPA SUDAMERICANA"

Posting Komentar

Harap berkomentar secara realitas dan mengedepankan etika berbicara dalam konteks membangun blogger...oke coyyy..


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Visitors

Directories

My Ping in TotalPing.com
Return to top of page Copyright © 2010 | Platinum Theme Converted into Blogger Template by HackTutors